Tips membeli Motor Bekas Agar tidak ketipu sama Bodi Mulus Mesin rusak

In Berita Otomotif

Mobilunik – Motor Bekas Merupakan alternatif terbaik jika kita ingin memiliki kendaraan dengan harga dibawah harga kendaraan baru, dengan kondisi yang harus kita sesuaikan dan teliti sebelum membeli agar motor yang kita beli tidak rewel dan bermasalah dikemudian hari.

Kali ini mobilunik.com membahas gimana kriteria motor bekas  serta apa aja yang perlu kita dicermati kerika  mengecek motor Bekas saat kita ingin memutuskan untuk membeli ataupun tidak, ini sangat penting supaya kita tidak ketipu dengan model luar saja tapi mesin sudah tidak tangguh lagi , dan yang perlu di perhatikan dalam memilih kendaraan bekas di antaranya :

Tips membeli Motor Bekas Agar tidak ketipu sama Bodi Mulus Mesin rusak

1. silahkan cek  harga pasaran  kendaraan yang kita minati misalnya honda beat hal pertama yang bisa kita lakukan yakni melihat harga pasaran kendaraan tersebut jangan sampai yang kita beli kemahalan atau tidak sesuai harga dengan kondisi motor yang kita dapatkan, semisal kita menginginkan motor Matic Beat ataupun motor di harga 6 Juta an, kita bisa mencari secara online di marketplace baik itu OLX, Bukalapak dan situs online lain nya yang terjamin.

hingga dengan kilat kita hendak mengenali harga pasaran buat motor tahun tertentu. Kita pula dapat mencari bersumber pada dana yang kita punyai, bila budged kita 6 juta kira- kira mampu motor apa tahun berapa serta kondisinya semacam apa? pakai standar/ patokan keadaan motor masih bagus

2. Jangan terpaku pada speedometer Perihal ini sebab banyak bengkel yang telah dapat mereset speedometer, baik speedometer analog ataupun elektrik telah banyak yang dapat mereset dan angka kembali ke angka 0 , dan ini sangat tidak baik untuk dilakukan.

3. Cek bodi motor

hal yang paling mudah untuk melihat motor itu dirawat yang punya dengan melihat tampilan bodi motor apakah masih mulus atau sudah banyak gorean maupun kusam , (Baca juga: Cara merawat cat kendaran yang kusam) serta spakbor terlihat sudah tidak simetris/ miring ataupun jaraknya sudah tidak  sama berarti sasis/ bodi motor bermasalah.

4. Terdapatnya kebocoran oli motor saat kita mulai menyalakan dan menjalankan motor , sehabis motor dijalankan dengan jarak sekitar 2/ 4 kilometer coba lihat apakah terdapat komponen yang bocor pada motor, umumnya bila terdapat komponen yang bocor biasanya akan terlihat oli mesin menetes . Bila kendaraan tidak terdapat kebocoran serta mesin dalam kondisi bersih berarti mesin dalam kondisi baik, namun bila menetes oli maka sebaiknya berpikir duakalilah dalam membeli motor tersebut karena kamu akan mengalami masalah serius pada mesin.

5. Cek sistem kelistrikan motor Mulai dari dikala melaksanakan starter motor, cek lampu- lampu motor( lampu utama, lampu sein kanan kiri, lampu rem, lampu balik), kalson, keadaan aki, indikator- indikator pada tachometer/ m cluster/ odometer/ speedometer, dll. harus kita teliti dalam memeriksa setiap komponen tersebut.

6. Amati volume oli motor Sebagian orang biasanya mengisi motor dengan banyak oli supaya mesin nampak halus sementara itu sesungguhnya mesin telah agresif dan kasar, cek dengan membuka penutup oli serta amati volume oli di strip penutup oli. Perbanyak oli ini memanglah dapat membikin suara mesin terdengar halus, namun demikian dapat mengakibatkan  tarikan motor jadi berat.untuk itu sebelum membeli ada baiknya test drive dulu dan merasakan sendiri konsisi kendaraan tersebut..

7. Meminta untuk mencoba kendaraan tersebut ataupun bila pada mobil istilahnya test drive ini merupakan upaya untuk mengemudikan motor saat sebelum memutuskan membeli ataupun tidak, jika sudah mencoba kendaraan kita bisa merasakan kendaraan tersebut, apakah handling motor sangat tidak nyaman ataupun suspensi motor yang tidak seimbang ataupun tarikan motor berbunyi kresek yang menggangu.

nah umumnya bila oli motor full supaya suaranya halus sehingga akan terasa motor berakselerasi rasanya lebih berat. Apakah sistem rem masih bagus ataupun telah enggak pakem apalagi bergoyang- goyang dikala di rem?

ini bisa diketahui dengan cara mencoba kendaraan tersebut, Apakah suspensi masih empuk serta seimbang, cobalah di jalur yang sedikit ekstrim/ sedikit rusak misalnya pada  jalur berbatu ataupun jalur tanah.

8. Keputusan membeli motor Nah bila dari 7 sesi diatas seluruh telah oke serta dirasa cocok mantap dihati, baru ajukan penawaran harga. Ketelitian dalam membeli ini bukannya dilarang, perihal ini dicoba supaya kita mendapatkan motor dengan kondisi bagus dan sesuai dengan harga pasaran.

9. Cek keadaan mesin Mengecek keadaan mesin dapat dicoba dengan cara:

  • Menutup knalpot kala mesin telah menyala serta mencermati suara mesin, dikala knalpot ditutup dengan tangan dengarkan suara mesin apakah berisik ataupun enggak.
  • Bila enggak berisik hingga keadaan mesin masih bagus, bila mesin berisik hingga lebih baik cari yang lain sebab berisiko- Amati motor dikala mesin dihidupkan serta RPM dekat 1500, apakah mesin langsam ataupun brebet,

sembari mengamati bunyi- bunyian lain yang terdapat pada mesin.- Dengan sistem memandang keadaan knalpot, coba colek lubang knalpot apakah terdapat hangus( gelap) ataupun enggak? bila tidak terdapat angus/ hangus/ karbon hingga mesin motor masih bagus.

selain itu coba lihat apakah terdapat jelaga ataupun enggak, jelaga ini semacam basah- basah oli pada knalpot, bila knalpot ada basahan oli wahhh jangan dibeli deh itu parah kondisinya. Yang terakhir amati apakah knalpot menghasilkan asap( putih ataupun gelap), bila tidak berasap maksudnya mesin baik namun bila terdapat asap lebih baik cari kendaraan yang lain.

10. Cek no rangka serta mesin Cocokkan no rangka serta no mesin dengan no rangka serta mesin yang tertera di STNK serta BPKB apakah sudah sama atau tidak? di STNK serta BPKB tentu tertera no rangka kendaraan serta no mesin kendaraan, sesuaikan nomornya.

Terus bila masih belum percaya pembaca Mobilunik.com dapat melakukan pengecekan keaslian bukti kepemilikan kendaraan serta no kendaraan dikala itu pula dengan mengecek lewat no 1717( spasi daerah Bandung), caranya:( ketik) Bandung( spasi) No Polisi( kirim) 1717. contohnya: Bandung B4272KN,

kirim ke 1717. Masing- masing daerah mempunyai sistem tertentu buat pengecekan bukti diri owner kendaraan ini, semisal Jawa Timur: ketik JABAR( spasi) No Polisi, kirim ke 1717. Silahkan melakukan pengecekan kendaraan sebelum membeli supaya tidak menyesal dikemudian hari.

You may also read!

Cara Kerja ENGINE BRAKE dan EXHAUST BRAKE Pada Bus dan Truk

Mobilunik - Bus memiliki keunikan komponen baik  sistem rem utama dari rem tangan ataupun hand break pada kendaraan terdapat

Read More...

Foto Gambar Modifikasi NMAX Terbaru 2019 Paling Keren & Simple

Mobilunik - Bisa dibilang Nmax Motor Macho versi matic yang digunakan kebanyakan masyarakat indonesia, selain ukuran besar yang membuat

Read More...

Foto Gambar Modifikasi Suzuki Satria Fu Terbaik dan Terbaru 2019

Mobilunik - Modifikasi sepeda motor kini menjadi tren bagi anak muda di indonesia, selain untuk mempercantik tampilan motor juga

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu