Penyebab Busi Motor Cepat Mati dan Rusak

In Berita Otomotif

Busi Motor Cepat Mati – Busi merupakan komponen terpenting dari sebuah sepeda motor. Mesin sepeda motor tidak akan bekerja tanpa busi. Busi dirancang untuk memberikan arus listrik ke ruang bakar, yang menyebabkan pengapian di campuran udara dan bahan bakar. Biasanya busi sepeda motor harus diganti setelah menempuh jarak 8000 – 10.000 Km.

Beberapa penyebab busi motor cepat mati :

Mesin sepeda motor tidak bekerja dengan benar

Sepeda motor membutuhkan banyak perawatan agar tetap berfungsi dengan baik. Ada banyak kemungkinan penyebab masalah mesin, tetapi langkah pertama biasanya adalah memeriksa dan memastikan semua kabel terpasang dan aman.

Kabel busi putus atau terputus

Kabel busi adalah komponen penting dari sistem pengapian mobil. Ini mentransfer muatan listrik ke busi dan memastikan bahwa mereka menyala bersama. Hal ini memungkinkan proses pembakaran yang efisien yang menghasilkan tenaga dan mengurangi emisi. Jika kabel putus atau terputus, hal itu dapat menyebabkan masalah seperti salah tembak, penghematan bahan bakar yang buruk, dan masalah mengemudi lainnya.

Penyebab Busi Motor Cepat Rusak Busi kotor atau basah

Busi adalah perangkat yang cocok di dalam ruang bakar mesin pembakaran internal. Ini bertanggung jawab untuk mengirimkan arus listrik ke koil pengapian dan memulai proses pembakaran. Busi mungkin memiliki resistor yang mencegah terlalu banyak panas masuk ke mesin, atau mungkin memiliki isolator keramik di sekitarnya. Kotoran, air, dan zat lain dapat menyebabkan kerusakan cepat pada sepeda motor Anda

Adanya Kebocoran Kompresi pada Mesin

Kebocoran pada bagian kompresi mesin tentunya akan mempengaruhi tekanan di ruang bakar. Ini akan berkurang atau bahkan hilang.

Tanda paling jelas dari kebocoran kompresi mesin adalah tenaga mesin akan terkuras, sistem pembakaran tidak akan berjalan maksimal, dan busi akan cepat mati.

Kebocoran kompresi mesin adalah salah satu masalah yang paling sulit di diagnosis. Penting untuk memperhatikan tenaga mesin, karena kurangnya tenaga adalah salah satu tanda paling jelas dari kebocoran kompresi mesin. Anda dapat menilai ini dengan mendengarkan akselerasi, atau menggunakan tester gas atau asap di mobil Anda. Sistem pembakaran juga harus berjalan optimal,

Biasanya untuk mengatasi masalah seperti ini, Anda harus membawa motor ke bengkel resmi untuk diperbaiki oleh mekanik. Sebab, dibutuhkan keahlian dan toolkit yang lengkap untuk mengerjakan bagian kompresi mesin yang sangat rumit.

Setting Bahan Bakar Kurang Sesuai

Tidak bisa dipungkiri bahwa setting atau pengaturan suplai bahan bakar yang tidak tepat akan berpengaruh signifikan terhadap kondisi busi.

Jika asupan bensin terlalu tinggi, busi akan cepat mati karena terendam bensin terlalu banyak. Padahal, jika hal ini dibiarkan berlarut-larut, justru akan membuat motor semakin boros dan tidak efisien.

Busi adalah fitur utama dari motor. Ini memasok percikan yang di perlukan untuk menyalakan bahan bakar untuk melepaskan daya. Masalah dengan desain ini adalah membuat busi berisiko terendam bensin, yang akan membuatnya cepat mati. Ini dapat di perbaiki dengan memasang filter udara berkinerja tinggi, yang mencegah bensin masuk ke mesin dan merusak bagian-bagian vitalnya.

andapun sebaaiknya mengeceknya dengan melihat bagian elektroda busi. jika bahan bakar terlalu banyak (boros), Bagian atas busi akan terlihat selalu lembab atau basah.

Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu langkahnya adalah dengan mengatur ulang pengaturan bahan bakar. Masalah seperti ini sering terjadi pada sepeda motor yang masih menggunakan teknologi karburator.

Jalur Pengapian Mengalami Korsleting

Penyebab masalah lainnya sering kali merupakan akibat dari korsleting di medan listrik daripada pengapian itu sendiri.

Jika terjadi korsleting, motor umumnya akan berhenti bekerja. sering ngadat atau mengalami brebet yang terlalu sering.

Dalam proses pengecekan Anda juga bisa mengecek apakah saluran pengapian sudah bersih..selalu untuk mengecek kondisi kabel apakah kabel terbakar atau kerusakan fisik lainnya.

Ini harus segera dilakukan dan di perbaiki Sebab, jika di biarkan, busi akan terus tertekan. dan akan mudah mengalami soak meskipun baru saja di ganti dengan yang baru.

sebaiknya Lakukan perbaikan bengkel resmi dan terpercaya agar bisa di cek dan di perbaiki oleh  mekanik Profesional dengan alat yang lengkap.

Namun, jika Anda ingin mencoba memperbaiki sendiri, Anda dapat melakukan pengecekan pada jalur pengapian. apabila ada kabel terbakar atau terlihat korsleting, segera di ganti dengan yang baru atau di bawa langsung ke bengkel terpercaya

Aplikasi Mobilunik

Artikel Populer Lainnya :

Cara Merawat Rantai Motor agar Tidak berkarat dan kendor

Cara Merawat Rantai Motor - Sebagai pemilik sepeda motor, Anda tentunya ingin agar sepeda motor Anda tetap dalam kondisi

Read More...

Cara Menghilangkan Karat pada Mobil

Cara Menghilangkan Karat pada Mobil - Karat pada mobil dapat menyebabkan beberapa masalah, seperti kerusakan pada permukaan cat kendaraan

Read More...

Bisnis Produk Eco Racing, Bisnis Penghemat BBM dengan Sistem MLM

Bisnis Waralaba Sinergy adalah bagian dari skema MLM, atau multi level marketing, PT BEST. Di salah satu situs web

Read More...

Tinggalkan Komentar:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu