Pentingnya Sistem Aerodinamika pada Bodi Mobil – Penjelasan dan Cara Kerjanya

In Berita Otomotif

Mobilunik – Kendaraan yang memiliki aerodinamika bodi yang baik akan membuat kendaraan jauh lebih cepat dan stabil dikecepatan tinggi,  bodi Mobil yang kurang mementingkan  aerodinamika akan membuat mobil menjadi lambat dan dapat meningkatkan konsumsi BBM .

hambatan angin yang terjadi ini mampu dipengaruhi oleh beberapa penyebab. Aspek utama mampu disebabkan oleh bentuk bodi yang kotak ataupun tidak aerodinamis. Semakin besar luas penampang ataupun permukaan bodi mobil yang berhadapan dengan udara di depan. Semakin besar pula hambatan angin yang terjadi.

Jarak ground clearance pada suatu mobil pula akan pengaruhi dampak aerodinamis suatu kendaraan. Semakin besar jarak tersebut, hingga udara yang masuk ke celah yang kosong ini akan menambah hambatan angin, dan memperlambat laju kendaraan.

Tidak hanya itu penyebab hambatan angin pula terjadi pada ruang roda.

Gesekan aerodinamis ialah daya yang melawan arah pergerakan dari fluida( dalam hal ini udara). Jadi suatu benda dengan permukaan bidang serta dalam kecepatan tertentu hendak bergerak melawan suatu densitas udara. Aliran laminar tersebut terjalin dikala arus udara dekat objek berjalan lancar. Seperti pada sebuah mobil.

Kecepatan aliran udara di sekitar mobil dengan kecepatan mobil itu sendiri tidak akan berbeda jauh. Dikala angin melintasi pada bodi mobil Kamu, secara perlahan– lahan akan mengurangi kecepatan suatu kendaraan sampai mencapi titik nol.

Keadaan ini bisa dikatakan, kalau aerodinamis drag yang terjalin amat rendah. Serta konsep inilah yang dikondisikan dalam suatu mobil. Kecepatan udara yang mendatangi dengan cepat pada suatu mobil akan menurun dikala udara diantara di sekitar bodi objek,

ataupun aliran udara yang pecah- pecah di permukaan objek. Keadaan tersebut mampu menimbulkan aspek aerodinamis drag yang terjadi dinilai lumayan besar.

Dalam mendesain suatu kendaraan amat berarti buat mencermati sisi aerodinamika. Terus menjadi sedikit daya tahan anginnya, terus menjadi kecil pula tenaga yang diperlukan buat menggerakkan suatu mobil.

Seiring perjalanan waktu, besarnya hambatan angin yang terbentuk pula disesuaikan dengan tipe suatu kendaraan yang dirancang.

Seperti pada suatu bis ataupun truk, aspek ruang angkut barangnya lebih diutamakan, jadi aspek aerodinamis bukan prioritas utama.

Namun sebuah sedan ataupun mobil sport yang diperlukan yakni kecepatan serta kestabilan, hingga aspek aerodinamika butuh lebih ditekankan. Khususnya pada suatu kendaraan ramah lingkungan, aspek tersebut amat butuh dicermati, supaya mampu memaksimalkan pemakaian bahan bakar.

Bagian Mobil yang Aerodinamika

1. Spoiler depan, merupakan salah satu aksesoris pada kendaraan
100 %
2. Wing, Penggunaan sayap atau wing pada bagian buritan ( belakang )
100 %
3. Deflector
100 %
100%

Kesimpulan

Semakin cepat laju sebuah kendaraan, maka akan lebih cepat pula gaya – gaya aerodinamika tersebut pada mobil anda. Gaya yang dimaksud disini merupakan gaya hambat ( drag force ) aerodinakim ( FD ) gaya angkat ( lift force ) aerodinamik ( FL) dan gaya samping ( slide force ) aerodinamik ( FS ).

You may also read!

Cara Kerja ENGINE BRAKE dan EXHAUST BRAKE Pada Bus dan Truk

Mobilunik - Bus memiliki keunikan komponen baik  sistem rem utama dari rem tangan ataupun hand break pada kendaraan terdapat

Read More...

Foto Gambar Modifikasi NMAX Terbaru 2019 Paling Keren & Simple

Mobilunik - Bisa dibilang Nmax Motor Macho versi matic yang digunakan kebanyakan masyarakat indonesia, selain ukuran besar yang membuat

Read More...

Foto Gambar Modifikasi Suzuki Satria Fu Terbaik dan Terbaru 2019

Mobilunik - Modifikasi sepeda motor kini menjadi tren bagi anak muda di indonesia, selain untuk mempercantik tampilan motor juga

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu