Mengapa Suspensi Motor Keras Terjadi dan Bagaimana Cara Mengatasinya

In Zona Motor

Suspensi adalah bagian penting dari kendaraan, termasuk sepeda motor. Fungsinya adalah menjaga kestabilan dan menahan beban agar pengendara dan penumpang merasa nyaman. Perawatan suspensi yang tepat penting untuk menjaga agar suspensi selalu dalam kondisi terjaga dan dapat berfungsi dengan baik.

Namun, beberapa masalah pada suspensi motor dapat terjadi, salah satunya adalah suspensi motor terasa keras. Hal ini dapat menjadi masalah serius apabila tidak segera ditangani. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengecekan dan perawatan yang tepat untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Faktor Penyebab Suspensi Motor Keras

Ada beberapa faktor penyebab suspensi motor terasa keras, di antaranya:

  • Kapasitas minyak pelumas yang terlalu banyak atau terlalu sedikit. Jika kapasitasnya terlalu banyak, maka bantingan akan terasa keras saat melewati jalan yang tidak rata atau berlubang. Sebaliknya, jika kapasitasnya terlalu sedikit, kinerja shockbreaker akan terganggu.
  • Garpu suspensi yang bengkok juga dapat menjadi penyebab suspensi motor terasa keras. Hal ini dapat disebabkan oleh kondisi rangka atau garpu yang kurang presisi. Oleh karena itu, diperlukan pengecekan dan perbaikan di bengkel agar tidak memperparah kerusakan.
  • Kondisi shockbreaker yang kotor atau terkena air. Jika dibiarkan, kotoran tersebut dapat menempel dan menjadi kerak sehingga membuat suspensi tidak fleksibel dan keras.

Cara Mencegah Suspensi Motor Keras

Dalam melakukan perawatan suspensi, sebaiknya dilakukan secara rutin dan teratur. Beberapa cara untuk mencegah suspensi motor terasa keras adalah sebagai berikut:

  • Memeriksa kapasitas minyak pelumas secara teratur dan menambah atau mengurangi minyak pelumas sesuai dengan kebutuhan.
  • Memeriksa garpu suspensi secara teratur dan membawanya ke bengkel jika terdapat bengkok atau kerusakan lainnya.
  • Membersihkan shockbreaker secara rutin dengan mencuci dan membilasnya untuk menjaga kelenturan saat berkendara.

“Sektor suspensi” pada motor adalah bagian dari sistem kendaraan yang bertanggung jawab untuk menyerap getaran dan guncangan dari permukaan jalan. Fungsi utama dari sektor suspensi adalah untuk memberikan kenyamanan berkendara dan menjaga stabilitas kendaraan. Oleh karena itu, penting bagi sektor suspensi pada motor untuk selalu dalam keadaan prima agar motor dapat berfungsi dengan baik.

Untuk menjaga sektor suspensi dalam kondisi yang optimal, penting untuk mengetahui penyebab masalah yang mungkin terjadi pada suspensi dan mencari solusi yang tepat untuk mengatasi atau mencegahnya. Beberapa masalah yang sering terjadi pada suspensi meliputi ausnya komponen, kebocoran oli, atau kerusakan pada sistem suspensi. Solusi untuk mengatasi masalah ini mungkin meliputi perbaikan atau penggantian komponen suspensi, penggantian oli, atau perawatan dan pemeriksaan rutin pada sistem suspensi.

Dengan mengetahui penyebab dan solusi untuk mengatasi atau mencegah masalah pada sektor suspensi, diharapkan motor Anda selalu dalam keadaan prima dan memberikan kenyamanan serta stabilitas dalam berkendara.

Aplikasi Mobilunik

Artikel Populer Lainnya :

Hyundai Creta

Kelebihan Hyundai Creta, SUV Andalan Hyundai di Indonesia

Hyundai Creta merupakan salah satu mobil SUV yang cukup populer di Indonesia. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada tahun

Read More...
Penyebab mesin mobil mengelitik alias knocking

Ngelitik atau Knocking: Penyebab, Dampak, dan Cara Mencegah

Ngelitik atau knocking adalah kondisi di mana bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar mesin terbakar secara spontan

Read More...
Mobil Listrik: Apakah Benar-Benar Bebas Emisi?

Mobil Listrik: Apakah Benar-Benar Bebas Emisi?

Dalam beberapa tahun terakhir, mobil listrik telah menjadi sorotan utama dalam industri otomotif, dengan klaim bahwa mereka adalah solusi

Read More...

Tinggalkan Komentar:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu