Kenali Ciri Oli Mobil Harus Diganti

In Berita Otomotif

Ketika Anda melakukan perawatan rutin pada mobil Anda, kemungkinan besar Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah “penggantian oli mesin”. Ya-tahapan ini wajib dan harus dilakukan secara teratur.

Karena mengganti oli mesin pada mobil akan berdampak positif pada performa sekaligus menjaga keawetan mesin tersebut, banyak orang yang tidak menyadari ada beberapa hal yang harus dipahami saat melakukannya.

Mengganti oli mobil secara berkala memiliki manfaat selain untuk memastikan kelancaran mobil. Salah satunya adalah dapat membantu mencegah kerusakan dan masalah lain yang timbul akibat oli mesin yang sudah tua atau kotor. beberapa tanda yang harus diperhatikan yang mengindikasikan oli mobil Anda harus diganti.

Berikut ini beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Anda harus mengganti oli mesin mobil Anda:

Lampu Indikator Dashboard Mulai Menyala

Lampu Indikator Dasbor MenyalaPertama, tanda yang memperingatkan Anda bahwa oli mesin mobil Anda harus segera diganti, bisa dilihat dari indikator panel instrumen yang menyala-dalam hal ini, indikator yang berbentuk seperti corong oli (dengan tetesan).

Ada beberapa kemungkinan mengapa oli mesin berkurang efektivitasnya. Bisa jadi oli mulai habis dan tidak lagi mendapatkan tekanan yang cukup, atau bisa juga sudah melewati batas waktu penggantiannya. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mengganti oli mesin mobil Anda sebelum hal ini terjadi, agar oli mesin mobil Anda tidak rusak saat dikendarai.

Suara Mesin Mobil Kasar saat Mobil Dihidupkan.

Oli mesin memiliki dua fungsi: oli berfungsi sebagai pelapis mesin untuk melindungi bagian-bagiannya, dan menjaga agar komponen-komponen mesin yang bergerak tidak saling bergesekan.

Oli yang melapisi komponen-komponen akan menurunkan jumlah gesekan langsung di antara komponen-komponen tersebut dan dengan demikian meredam suara mesin saat mobil dinyalakan.

Namun, seiring berjalannya waktu, kualitas oli mesin mobil akan menurun-terutama karena masa pakainya yang terbatas.

Kandungan sintetis pada oli mesin mobil akan mengalami penurunan kualitas seiring berjalannya waktu akibat panas yang dihasilkan oleh proses pembakaran.

Apabila hal ini terjadi, akan terdengar suara gesekan yang sangat mencolok di antara komponen-komponen dalam sistem permesinan, karena oli-yang seharusnya ada sebagai lapisan pelumas di antara kedua bagian-telah terdegradasi.

Ketika mesin mobil dinyalakan, suara biasanya menjadi kasar dan disertai getaran.

Jika mesin mobil mengeluarkan suara kasar atau berbeda, mungkin sudah waktunya untuk mengganti oli. Jangan menunggu terlalu lama karena hal itu dapat menyebabkan masalah lain pada kendaraan Anda.

Warna Oli Berubah Hitam Pekat

Kualitas komponen oli biasanya dapat dilihat dari warna oli tersebut. Jika oli Anda telah berubah dari warna coklat kekuningan menjadi hitam pekat, maka Anda perlu membeli oli baru untuk mesin mobil Anda.

Perubahan warna cairan pelumas oli mesin ini tidak lepas dari proses pembakaran yang menyebabkan temperatur di dalam mesin naik.

Karena mobil Anda sering digunakan, oli mesin bisa berubah warna menjadi hitam pekat jika tidak diganti secara rutin. Oleh karena itu, Anda harus memeriksa warna oli mesin sesering mungkin untuk memastikan bahwa tidak ada masalah dengan bagian ini.

Jika oli telah berubah warna menjadi gelap pekat, gantilah oli meskipun Anda belum mencapai jarak tempuh maksimum untuk penggantian oli.

Langkah ini dapat membantu mencegah banyak masalah berkembang dalam sistem sirkuit mesin, khususnya jika Anda merawat mesin Anda dengan mengganti olinya secara teratur.

Indikasi yang jelas bahwa sudah waktunya ganti oli dapat dilihat melalui asap yang keluar dari knalpot.

Pada mobil normal, asap yang keluar dari knalpotnya seharusnya transparan. Namun, jika asapnya mulai berubah menjadi putih atau hitam – yang menunjukkan bahwa ada jumlah oli mesin yang berlebihan yang terbakar selama pembakaran – itu bisa menandakan masalah dengan mesin kendaraan Anda.

Asap putih yang keluar dari knalpot mobil Anda adalah tanda bahwa kualitas oli telah berkurang dan perlu segera diganti.

Asap hitam menandakan bahwa ada sesuatu yang terbakar dan dapat merusak mesin Anda. Jika Anda melihat asap putih keluar dari knalpot, segera ganti oli mobil Anda atau berisiko merusak mesin.

Mesin Terasa Berat

Karena performa mesin bergantung pada kualitas bahan bakarnya, pertama-tama kita harus memahami bagaimana mekanisme bahan bakar itu bekerja.

Karena sifat pelumas dari oli, gesekan antara bagian yang bergerak sangat berkurang.

Apabila kualitas oli sudah menurun, hal ini mempengaruhi seberapa baik mesin berjalan di berbagai medan.

Karena gesekan antar komponen meningkat seiring dengan menurunnya kualitas pelumas atau oli.

Jika hal ini terjadi, Anda mungkin merasa mesin tidak merespons dengan baik. Ini karena menggunakan oli lama, jadi segera ganti dengan oli baru. Apabila kita amati beberapa tanda yang mengindikasikan penurunan kualitas oli mesin, maka akan menjadi jelas bagaimana gejala-gejala ini dapat digunakan untuk mengenali kejadian tersebut.

Jika lampu indikator oli menyala di dasbor Anda, maka Anda harus tahu bahwa sudah waktunya untuk mengganti oli mesin Anda.

Tanda-tanda lain yang harus anda perhatikan bisa dilihat pada warna oli mesin (yang berwarna hitam pekat) dan tarikan gas yang sudah mulai terasa berat.

Faktor-faktor di atas adalah alasan mengapa oli mobil harus diganti secara teratur. Saya harap rangkaian tulisan ini bermanfaat! Selamat tinggal untuk saat ini.

 

Aplikasi Mobilunik

Artikel Populer Lainnya :

Penyebab Busi Motor Cepat Mati dan Rusak

Busi Motor Cepat Mati - Busi merupakan komponen terpenting dari sebuah sepeda motor. Mesin sepeda motor tidak akan bekerja

Read More...

Cara Memperbaiki Kiprok Motor yang Rusak

Cara Memperbaiki Kiprok Motor - Kiprok motor yang rusak dapat menyebabkan motor tidak berfungsi dengan baik. Untuk memperbaiki kiprok

Read More...

Cara Merawat Rantai Motor agar Tidak berkarat dan kendor

Cara Merawat Rantai Motor - Sebagai pemilik sepeda motor, Anda tentunya ingin agar sepeda motor Anda tetap dalam kondisi

Read More...

Tinggalkan Komentar:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu