Kenali 6 Tanda Kapan Waktu untuk Ganti Oli Motor dan Mobil yang tepat

In Berita Otomotif

Kapan Waktu untuk Ganti Oli Motor dan Mobil yang tepat – melakukan pergantian oli pada kendaraan baik motor dan mobil adalah suatu kewajiban yang harus di lakukan untuk menjaga performa mesin kendaraan agar tetap nyaman digunakan, melakukan pergantian oli mesin dengan teratur akan juga membuat kondisi mesin lebih Prima.

dalam penjelasan buku panduan kendaraan anda, dijelaskan bahwa waktu terbaik untuk mengganti oli mesin setiap 2.000 sampai 3.000 km, jangka waktu bisa berbeda tergantung jenis kendaraan yang dimiliki dan jarak tempuh kendaraan.

dalam mengganti oli mesin bukan hanya berpatokan pada jarak tempuh kendaraan yang bisa di lihat pada speedometer tetapi dari cara mengemudikan kendaraan dan kondisi jalan di lewati juga bisa menjadi patokan untuk mengganti oli mesin,

jika keadaan jalanan yang ditempuh macet atau atau sering melakukan kebiasaan menggeber kendaraan pada kecepatan maksimum juga bisa mengakibatkan oli motor cepat encer yang akan membuat performa kendaraan menurun.dan biasanya saat oli sudah encer mengakibatkan tarikan motor akan terasa berat.

dan membuat mesin lebih bekerja lebih berat dan mengakibatkan terjadinya kerak pada mesin hingga bisa merusak komponen suku cadang kendaraan

Oli memiliki peranan yang sangat penting dalam mengantarkan suhu panas ke semua komponen yang terdapat pada mesin, semakin cair kondisi oli motor / mobil anda maka makin cepat panas dan dapat menghasilkan kerak pada kendaraan dengan cepat.

Baca Juga: Mobil Penggerak Roda depan dan Belakang – Kelebihan dan Kekurangan

waktu untuk mengganti oli pada kendaraan tidaklah sama, tergantung dari jenis kendaraan yang digunakan, dan biasanya pergantian dilakukan setiap 2000 sampai 3000 km.

tapi tidak perlu kawatir dalam menentukan kapan waktu untuk ganti oli kendaraan bisa melihat dari kondisi kendaraan sebagai berikut:

Waktu Ganti Oli Kendaraan Motor dan Mobil yang Tepat

  • saat memeriksa oli, warna oli yang sudah harus diganti memiliki tekstur cair atau encer dan warna oli sudah hitam pekat.
  • saat tarikan kendaraan sudah terasa berat
  • ketika temperatur mesin lebih cepat panas walaupun air radiator kendaraan terisi penuh
  • saat Km Kendaraan sudah melewati 3,000 km
  • suhu temperatur sepat panas meski air radiator sudah terisi penuh.
  • saat oli berkurang dan perlu ditambah atau lebih baik diganti dengan yang baru. untuk oli yang digunakan pada kendaraan motor bebek dan matik dengan kapasitas 150 cc biasanya menggunakan oli 1 Liter (+/- 800 ml)dan untuk motor sport dengan kapasitas di atas 150 cc menggunakan Oli 1 Liter. sementara untuk mengganti oli gardan biasanya masa gantinya dua kali lebih lama dari pada Oli Mesin

kendaraan yang tidak digunakan atau lama tidak digunakan juga harus mengganti oli kendaraan nya, dikarenakan oli yang sudah masuk dan tercampur di dalam mesin dan ketika mesin kendaraan di hidupkan maka oli akan bercampur dengan komponen dalam mesin kendaraan.

dan sebaiknya untuk merawat kendaraan harus sering – sering dipanaskan agar dapat mengurangi beban dinamo dengan memanaskan kendaraan kurang lebih 20 menit setiap hari sebelum kendaraan digunakan untuk menemani aktivitas kerja anda.

Aplikasi Mobilunik

You may also read!

Temukan Mobil Avanza Bekas Terbaik di mobil88

Mobil avanza bekas menjadi pilihan banyak anak muda karena desainnya yang keren, namun memberikan ruang dan seat yang cukup

Read More...

Mobil Penggerak Roda depan dan Belakang – Kelebihan dan Kekurangan

Teknologi industri otomotif sangat berkembang cepat, diantaranya dapat dilihat dari perubahan mekanisme Mobil Penggerak Roda depan dan Belakang. Sebagai

Read More...

Belajar ngedrift – Tips Ngedrift Bagi Pemula

Drifting merupakan salah satu tehnik mengemudi yang membutuhkan ketangkasan khusus dari si pengemudi. Meskipun susah, tehnik ini bukanlah tidak

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu