Tips Merawat Rem ABS dan Cara Kerja Rem ABS

In Berita Otomotif, Pemeliharaan dan Perbaikan Mobil

Mobilunik – kendaraan terbaru  baik mobil atau motor sport biasanya sudah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS Anti Lock Brake System, yang merupakan perangkat keamanan yang menjadi pengaman pada saat pengereman.

Fitur ABS pun dilengkapi dengan fitur – fitur canggih di antaranya Modul, Sensor dan komputer pintar yang sudah terintegrasi dengan Electronic control unit, dimana fungsi dari sensor ini yakni untuk merespon sinyal perintah yang di lakukan oleh pengemudi yang bisa mencegah terjadinya penguncian pada sistem rem baik yang terdapat pada Mobil atau motor

kemudian data yang masuk pada sensor di tangkap oleh computer di ECU dan akan diterukan ke master rem. selanjutnya master rem akan memberikan tekanan kepada bagian Caliper rem.

selain mengenal cara kerja sistem ABS ada baiknya kita juga mengetahui tips perawatan rem abs agar bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Lakukan penggantian pada minyak rem secara berkala.

Buat mengoptimalkan performa pada sistem pengereman di mobil Kamu. Hendaknya lakukan penggantian minyak rem di mobil Kamu tiap kelipatan 25, 000km. Keadaan minyak rem telah sangat cair akan mengurangi kualitas pengereman serta kinerja sistem ABS. Serta butuh dicermati pula, buat sebagian tipe kendaraan, sehabis melaksanakan penggantian minyak rem umumnya lampu penunjuk ABS tersebut akan menyala. Bila hal ini terjadi pada mobil Kamu, hendaknya mobil Kamu dibawa ke bengkel spesialis rem ataupun bengkel formal yang mampu menghilangkan nyalanya lampu tersebut, dengan memakai alat G scan buat mereset ulang pada sistem rem ABS tersebut.

Hindari menginjak rem Secara Terus – Menerus.

Pada saat posisi diam, serta Kamu menginjak pedal rem mobil Kamu berkali– kali, ini artinya meningkatkan beban yang tidak perlu ke sensor ABS. Apabila hal tersebut sangat sering dilakukan, sehingga ini mampu memperpendek usia penggunaan sensor pada sistem ABS di mobil Kamu. Terlebih lagi entakan pada pedal rem yang sangat keras mampu menimbulkan tejadinya pengucian pada sistem di pengereman mobil Kamu. Serta ini mampu mengurangi tingkatan keamanan berkendara Kamu, paling utama pada disaat kecepatan tinggi.

Pastikan senantiasa sensor dalam kondisi bersih.

Posisi sensor ABS tersebut terletak pada kaliper rem. Dikala membersihkan sensor tersebut lakukan dengan hati– hati, sebab bila rusak buat penggantian unit tersebut tidak terbilang murah. Bila kaliper rem rusak, hendaknya lakukan perbaikan tersebut di bengkel formal ataupun pastikan mekanik tersebut menguasai sistem kerja rem ABS rem tersebut. Hendaknya bila Kamu mau membersihkan sensor tersebut, pakai dengan cairan pembersih rem, sebab pada saat kondisi sensor dalam kondisi bersih hingga sistem kerja ABS tersebut juga akan jadi lebih optimal.

Cek keadaan kanvas rem.

Tiap kelipatan servis rutin 15, 000 kilometer, periksa selalu keadaan kanvas rem di mobil Kamu. Bila sudah tipis, hendaknya diganti segera dengan yang baru. Dampak dari keadaan kanvas rem yang telah tidak layak lagi buat dipakai, mampu kurangi performa pada sistem ABS di mobil Kamu serta pula mampu memperpanjang jarak pengereman di mobil Kamu. Hal tersebut bisa dialami dari tingkat kedalaman injakan pedal rem yang diperlukan buat menghentikan laju mobil. Semakin dalam rem di injak, maka semakin besar kemampuan terjadinya keausan pada kanvas rem. Hal tersebut mampu menyebakan rem jadi blong.

Keuntungan dan komponen pada ABS 'Anti Lock Brake System'

The Good!

  • Pengereman bisa lebih cepat dibandingkan sistem Rem Biasa
  • Kendaraan akan lebih stabil meskipun terjadi rem mendadak
  • Tangguh digunakan untuk jalanan yang basah ataupun pasir

The Bad!

  • Jika terjadi pengereman jarak dekat ada kemungkinan terjadi tabrakan
1. Sensor Kecepatan: untuk membaca kecepatan pada bagian putaran roda kendaraan
100 %
2. Katup Pengereman: berfungsi untuk menghalangi tekanan minyak rem
100 %
3. Kontroler ABS: sensor kecepatan yang ada disemua bagian roda kendaraan
100 %
4. Pompa: mengembalikan tekanan di jalur pengereman yang bisa diantarkan ke katup rem
100 %
100%Rekomendasi

kesimpulan

Rem ABS atau yang disebut juga dengan Anti Lock Braking System adalah sebuah sistem rem yang terdapat di kendaraan mobil ataupun motor fungsinya agar tidak terjadi penguncian roda saat pengendara mengerem secara mendadak.

You may also read!

Cara Kerja ENGINE BRAKE dan EXHAUST BRAKE Pada Bus dan Truk

Mobilunik - Bus memiliki keunikan komponen baik  sistem rem utama dari rem tangan ataupun hand break pada kendaraan terdapat

Read More...

Foto Gambar Modifikasi NMAX Terbaru 2019 Paling Keren & Simple

Mobilunik - Bisa dibilang Nmax Motor Macho versi matic yang digunakan kebanyakan masyarakat indonesia, selain ukuran besar yang membuat

Read More...

Foto Gambar Modifikasi Suzuki Satria Fu Terbaik dan Terbaru 2019

Mobilunik - Modifikasi sepeda motor kini menjadi tren bagi anak muda di indonesia, selain untuk mempercantik tampilan motor juga

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu