Cara Menambah Tekanan Angin Ban Kendaraan dengan Benar

In Pemeliharaan dan Perbaikan Mobil

Tekanan ban mobil menjadi sangat peting bagi kendaraan, jika Ban dengan tekanan angin rendah bisa membuat laju kendaraan akan semakin berat dan akan terasa goncangan ketika melalui jalanan yang bergelombang, begitupun sebaliknya jika ban terlalu keras maka akan sulit untuk mengendalikan kendaraan yang melaju, dan akibat fatal yang bisa terjadi ban bisa meletus ketika berbenturan dengan benda keras seperti batu , atau jalan yang bergelombang.

Mengapa harus menjaga ban mobil pada tekanan optimal?

Setiap mobil, seperti diketahui, dilengkapi dengan ban pengukur dan karakteristik teknis yang sesuai dengan kekuatan dan dimensinya. Tekanan yang disarankan pada buku panduan penggunaan dan perawatan atau label khusus yang diterapkan pada bodywork (biasanya di rangka bagian dalam pintu pengemudi) karena itu dapat berbeda antara satu kendaraan dan lainnya bahkan dengan ban yang sama. Ini berarti bahwa dua kendaraan yang berbeda,

walaupun dilengkapi dengan ban yang sama, dapat memiliki rentang tekanan yang sangat berbeda. Bersamaan dengan gangguan, fitur ini juga merupakan salah satu penyebab paling umum kesalahan tekanan ban.

tekanan ban terhadap nilai yang direkomendasikan sangat penting tidak hanya untuk memperpanjang umurnya, tetapi di atas segalanya untuk menjamin keamanan berkendara yang maksimal. Kesalahan yang tampaknya sepele, seperti menggembungkan ban mobil dengan cara yang tidak tepat, sebenarnya dapat memperburuk penanganan kendaraan dan menyebabkan perilaku buruk yang berubah dengan adanya nilai tekanan di bawah atau di atas norma.

Terlalu kempis atau terlalu bengkak? Keamanan adalah hal terpenting!

Ban yang terlalu rata mengalami peningkatan jejak kaki karena kendur di bahu, yang mengakibatkan keausan samping yang meningkat dan risiko tusukan. Mereka juga meningkatkan kemungkinan kehilangan kendali atas kendaraan dalam manuver darurat atau pada kecepatan tinggi,

sehingga menyebabkan peningkatan risiko kecelakaan. Seolah itu tidak cukup, berjalan dengan ban kempes juga menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih besar dan dapat mengikis ban luar, sehingga meningkatkan biaya perawatan mobil. Sebaliknya, tekanan ban yang berlebihan menyebabkan berkurangnya cengkeraman ban di tanah. Yang terakhir, ban akan cepat terkikis dan aus, hilangnya cengkeraman pada Aspal jalan atau pada permukaan yang licin.

Untuk mengetahui apakah perlu mengembang ban, Anda dapat menggunakan sensor tekanan ban, alat kecil tapi efisien, yang memungkinkan Anda untuk memantau status tekanan roda setiap saat. memberikan deteksi yang tepat.

Prosedur menambah angin ban yang benar

tekanan angin ban yang benar

 

Sebelum menggembungkan ban, Anda harus terlebih dahulu membaca rentang tekanan yang disarankan di buku perawatan atau pada stiker yang sesuai pada kendaraan. Selain itu, sebagai aturan umum, sangat penting untuk tidak melebihi, berlebihan atau cacat, nilai-nilai yang ditunjukkan pada bahu ban. Untuk memastikan inflasi yang cepat dan optimal, disarankan untuk menggunakan kompresor volumetrik (juga tersedia di stasiun layanan umum) yang dilengkapi dengan alat khusus dengan pengukur tekanan dan adaptor yang kompatibel dengan katup Ban.

Ban kemudian harus dipompa menjadi dingin, karena panas yang dihasilkan oleh penggulungan menyebabkan peningkatan tekanan internal, mencegah pengukuran dan kalibrasi yang sama. Untuk mengembang setiap ban (termasuk ban cadangan) cukup untuk melepas tutup katup, hubungkan kompresor dan operasikan beberapa saat, pastikan untuk memeriksa kenaikan tekanan yang diinginkan pada pengukur tekanan.

Aplikasi Mobilunik

You may also read!

Temukan Mobil Avanza Bekas Terbaik di mobil88

Mobil avanza bekas menjadi pilihan banyak anak muda karena desainnya yang keren, namun memberikan ruang dan seat yang cukup

Read More...

Apa Itu SEO? Manfaat SEO untuk Website dan Bisnis Online Anda

Ada banyak cara untuk mendatangkan prospek untuk bisnis Anda, akan tetapi memanfaatkan SEO untuk menentukan peringkat di halaman pertama

Read More...

Kenali 6 Tanda Kapan Waktu untuk Ganti Oli Motor dan Mobil yang tepat

Kapan Waktu untuk Ganti Oli Motor dan Mobil yang tepat - melakukan pergantian oli pada kendaraan baik motor dan

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu