Tips Menambal dan Merawat Ban Tubless tanpa harus ke Bengkel

In Berita Otomotif, Zona Motor

Mobilunik – salah satu kelebihan Ban Tubless adalah Ban tidak perlu menggunakan Ban dalam dan karakeristik Ban lebih keras dari pada Ban biasa (standar Ban motor pabrikan), Tetapi beberapa kekurangan dalam penggunaan ban tubless adalah karena karakteristik ban yang keras mengakibatkan hentaman ke pelek motor lebih terasa dan dapat merusak Pelek motor , lebih di anjurkan pengunaan Ban Tubless pada jalan perkotaan beraspal karena kondisi jalan yang mulus berbeda halnya jika menggunakan ban tubless pada jalan yang bergelombang, Ban tubless biasa nya akan mengalami permasalahan seperti Ban akan Benjol ataupun dapat merusak pelek karena karakteristik karet pada ban Tublesss yang keras.

Kelebihan Ban Tubless 

Terlepas dari  kekurangan nya ternyata menggunakan Ban Tubless lebih di sarankan bagi pengguna perkotaan karena ban jenis ini lebih hemat dalam perawatan dan lebih aman.  misalnya ketika Ban Tertusuk Paku maka Ban Tubless tidak akan Mengempes( ban kehabisan angin ) melainkan ban masih bisa digunakan sampai kita mencabut paku yang tertancap pada Ban .

Harga Ban Tubless 

untuk masalah harga Ban tubless di banderoll dengan harga lebih mahal dari Ban standar pabrikan karena kualitas dari Ban tubless lebih baik karena menggunakan material Karet yang lebih keras sehingga lebih awet dan stabil saat digunakan, Misalnya Ban tubless merek FDR harganya berkisar Rp.185,000 –  Rp.375,000.

Biaya menambal Ban Tubless

Biasanya Ban tubless harus di tambal ketika ada paku atau benda tajam yang menusuk bagian Karet Ban dan salah satu solusi nya dengan membawa ke bengkel terdekat dan membayar sekitar Rp .8000,. – Rp.15.000,. dengan metode perbaikan yang harus melubangi Ban dan menambal dengan Tali serabut perekat, tetapi hal ini hanya membuat Ban akan melemah, karena Karet  maupun anyaman kawat yang dibikin sobek untuk bisa menambal dengan menggunakan perekat tali serabut.

Ternyata ada cara lebih Murah dan aman digunakan untuk menambal Ban sendiri dirumah dengan menggunakan Lem , dalam menambal pun tidak perlu memiliki keahlian ataupun melepas komponen motor untuk melepas Ban Tubless tersebut Selain dapat menghemat waktu kitapun bisa mnghemat tenaga dan Biaya perawatan .

Cara menambal Ban Tubless dengan Aman .

  1. kita harus meninggikan Ban motor yang akan kita tambal bisa dengan menggunakan Dongkrak ataupun meja kecil untuk menganjal / mengangkat Ban yang Bocor
  2. jika Ban depan yang mengalami Bocor maka kita harus memutar stir  agar Ban mengarah keluar spakboard motor.
  3. kemudian Ban yang mengalami Bocor harus di pompa kemudian diputar perlahan sambil disiram menggunakan air
  4. Ban yang mengalami Bocor akan mengeluarkan gelembung angin , silahkan menandai gelembung tersebut agar nantinya mudah untuk ditambal
  5. bersihkan daerah Ban yang Bocor menggunakan air dan lap dengan kain hingga bersih.
  6. setelah ban kering langkah selanjutnya adalah menambal / merekatkan lem pada daerah Ban yang bocor, kita bisa menggunakan Lem  Korea, lem Alteco ataupun lem sejenisnya .
  7. setelah dirasa benar-benar kering dan lem sudah merekat dengan kuat langkah terakhir dengan memberi angin ( Pompa)  pada Ban.

kesimpulan nya :

Menambal Ban tubless bisa dilakukan dengan menggunakan lem perekat hal ini bisa dilakukan jika terjadi hal darurat seperti tempat tambal ban (Bengkel ) yang jauh dari lokasi motor kita , dan menambal ban menggunakan lem bisa menjadi alternative agar motor bisa kembali di kendarai.

You may also read!

Kebangkitan Ford SUV yang akan resmi di buat di tahun 2020

Kemitraan Ford dengan Mahindra memberikan peluang bagi kemajuan industri otomotif. Kedua pembuat mobil telah berbicara tentang berbagai hal, dari

Read More...

BEST SELLER ! 100% ORIGINAL Parfum Mobil Kopi Bali Gantung – Pengharum Biji Kopi Organik KOJI

Produk Selalu Ready dan siap kirim Parfum Mobil Kopi Bali Gantung PEMBELIAN BANYAK & RESELLER Harga reseller bisa dilihat di

Read More...

Smartphone Dengan Kamera Terbaik Desember 2018

gelombang smartphone sudah mereda dan kini saatnya kita bikin  rekomendasi dan untuk  rekomendasi kali ini adalah rekomendasi smartphone dengan

Read More...

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Mobile Sliding Menu